Dongeng Akhir Pekan Bersama Museum Nasional

0
556
Anak-anak menonton dongeng akhir pekan di Museum Nasional

Kontributor: Naufal Shidqi Laras

Minggu 28/05/2022, Museum Nasional menyelengarakan dongeng akhir pekan bersama Ayo Dongeng Indonesia. Acara ini disajikan untuk anak-anak dan orangtua yang membawa anak dalam rangka Hari Museum Internasional.

Museum Nasional memang sudah lama menyelenggarakan program akhir pekan di Museum Nasional seperti belajar menari, karawitan, gamelan dan berbagai workshop tentang permuseuman dan sejarah. Senada yang diungkapkan oleh Plt. Kepala Museum Nasioanal, Sri Hartini “Sudah sejak lama Museum Nasional menyelenggarakan program Akhir Pekan di Museum yang dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan edukatif dan menyenangkan. Kegiatan ini salah satu upaya Museum Nasional untuk menumbuhkan minat masyarakat mengunjungi museum, mendekatkan diri dengan masyarakat, juga sebagai upaya untuk melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan di Museum Nasional.”

Dalam pelaksanaannya, Museum Nasional berkolaborasi dengan berbagai komunitas seni dan budaya. Pada kegiatan Akhir Pekan kali ini, Museum Nasional mengangkat tema Dongeng Akhir Pekan : Berkumpul Bersenang-Senang semuanya berkolaborasi dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Dongeng memiliki banyak manfaat dan peran penting dalam perkembangan anak. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini dongeng banyak ditinggalkan. Untuk itu dengan adanya kegiatan diharapkan akan semakin meramaikan kembali dunia dongeng yang merupakan bagian dari budaya masyarakat Indonesia.

Dongeng akhir pekan terbagi atas dua sesi yaitu pagi dan siang. Selain diselenggarkan secara luring, kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, untuk itu bagi masyarakat yang belum bisa bergabung di ruang teater ini bisa menyaksikan secara daring.

Melalui Nonton Bareng Dongeng Akhir pekan, diharapkan masyarakat khusus anak-anak menangkap pesan-pesan luhur yang tersirat dari warisan budaya Indonesia melalui dongeng. Apresiasi dari masyarakat begitu besar, tebukti dari minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini. Sejak pertama kali diumumkan di media sosial, kurang dari 9 jam kuota pendaftaran sudah terpenuhi sehingga dengan terpaksa pendaftaran harus ditutup. Kegiatan akhir pekan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang bisa diadakan Museum Nasional dan menjadi media promosi kegiatan akhir pekan dalam meningkatkan kunjungan di Museum Nasional.