Cerdas Cermat Museum 2020 Siap Digelar

0
193

Jakarta, 4 Oktober 2020. Museum Nasional kembali melaksanakan Cerdas Cermat Museum (LCCM), tahun 2020 merupakan tahun ke 6 penyelenggaraan kegiatan ini. Peserta LCCM terdiri dari siswa-siswi tingkat SMP/MTs perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh SMPN 2 Temanggung dibawah bimbingan Museum Ranggawarsita telah berhasil memboyong piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi piala tetap karena telah tiga kali berturut-turut memenangkan LCCM dari tahun 2017, 2018 dan 2019.

Tahun ini LCCM tetap dilaksanakan walaupun dalam kondisi pandemi covid-19 yang belum usai, pertama dalam pelaksanaan LCCM secara daring. Museum Nasional berkordinasi dengan daerah untuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan daring ini. Banyak kekhawatiran mengenai kondisi jaringan internet yang berbeda-beda tiap daerah, namun sebelum kegiatan dilaksanakan, kordinasi dilakukan berkali-kali dengan menggunakan aplikasi yang akan digunakan untuk Cerdas Cermat Museum nanti sekaligus untuk memeriksa kesiapan infrastruktur jaringan internet.

“Walaupun dalam keadaan pandemi dengan segala keterbatasan, penghargaan terhadap ilmu pengetahuan dan kebudayaan harus tetap kita gelorakan, ini akan menjadi bekal bagi adik-adik yang mengikuti kegiatan agar kedepan menjadi generasi yang bukan saja cerdas namun juga berkarakter”. Ujar Siswanto, Kepala Museum Nasional

Pembukaan Cerdas Cermat Museum dilaksanakan pada Senin, 5 Oktober 2020. Kemudian pada 7 dan 8 Oktober babak penyisihan dan final pada 12 Oktober 2020 pada saat puncak perayaan Hari Museum Indonesia.