Kesan dan Saran dari Pengunjung Selama Bulan Mei 2018

0
1003
Survei kepuasan pengunjung Mei 2018
Survei kepuasan pengunjung Mei 2018

Jakarta, 12/09/2018: Pada bulan Mei 2018 lalu Museum Nasional membuat formulir kesan dan pesan serta saran dari pengunjung, kriteria yang disajikan adalah : pelayanan tiket, informasi, pemanduan, keamanan, fasilitas parkir, keramahan, perhatian dan kebersihan.

Berdasarkan hasil survei tingkat kepuasan pengunjung bulan Mei 2018 yang dilakukan secara acak, terlihat bahwa  110 dari 130 pengunjung merasa sangat puas dengan pelayanan tiket, sedangkan sisanya (20 pengunjung) merasa puas. Sementara itu, dari 130 pengunjung, 50 orang pengunjung merasa sangat puas dengan informasi yang ditampilkan di Museum Nasional, 50 orang merasa puas, 10 orang merasa cukup, dan 20 orang merasa kurang puas.

Pada tingkat kepuasaan pelayanan pemanduan, 10 orang merasa sangat puas, 40 orang merasa puas, 40 orang merasa cukup puas, dan 20 orang merasa kurang puas. Adapun, dalam hal keamanan, 90 dari 130 pengunjung merasa sangat puas, 20 orang merasa puas, dan 10 orang merasa cukup puas. Sementara itu, 40 orang pengunjung merasa sangat puas dengan kenyamanan parkir kendaraan, 50 orang pengunjung merasa puas, dan 20 pengunjung merasa cukup puas.

Dalam hal pelayanan mengenai perhatian (attentiveness), 70 dari 120 pengunjung merasa sangat puas, 40 orang merasa puas, dan 10 orang merasa cukup puas. Sementara, dalam hal kebersihan 90 dari 120 orang pengunjung merasa cukup puas dan 30 pengunjung merasa puas.

Analisis

Hasil rekapitulasi pesan, kesan dan saran/pengaduan pengunjung selama bulan Mei 2018 menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung sangat puas terhadap pelayanan Museum Nasional, terutama dalam pelayanan tiket. Sementara itu, terdapat 20 orang pengunjung yang merasa tidak puas terhadap pemanduan dari museum karena dianggap sulit untuk ditemui ketika pengujung tersebut membutuhkan layanan pemanduan. Berdasarkan responden yang disurvei, terdapat 30 turis mancanegara. Sepuluh orang turis merasa puas, sedangkan 20 orang lainnya mengeluhkan kurangnya informasi mengenai koleksi dalam bahasa Inggris dan informasi waktu tutup ruang koleksi lantai 40.  Adapun rata-rata pengunjung Museum Nasional sudah puas atau cukup puas terhadap seluruh instrumen pelayanan museum.

Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil survei di atas, maka Museum Nasional telah memperbaiki khususnya pada ketidakpuasan terhadap pelayanan, terutama adalah  informasi mengenai koleksi yang kurang informatif beberapa tidak ada bahasa Inggrisnya dan pada bulan ini telah kami perbaiki. Mengenai kesulitan untuk mencari pemanduan dari museum, kami telah memperbaiki sistem pelayanan pemanduan dengan menempatkan personil pemandu dekat dengan pintu masuk agar mudah ditemukan. Keluhan mengenai jam tutup lantai 4, yang harus tutup 30 menit lebih awal sudah merupakan SOP pengelolaan Museum Nasional dan sudah di informasikan dalam surat edaran kepala Museum Nasional.