Yuk ikut, Diskusi dan Tanya Jawab Pengelolaan Museum Nasional

0
257

International Council of Museums (ICOM), didirikan pada tahun 1946, adalah organisasi dari museum-museum dan para profesional yang bekerja di museum di seluruh dunia. ICOM berkomitmen untuk mempromosikan dan melindungi warisan alam dan budaya, masa kini dan masa depan, serta benda dan tak benda. Dengan lebih dari 37.000 anggota di 141 negara, jaringan ICOM terdiri dari profesional museum yang berasal dari berbagai ruang lingkup museum dan disiplin ilmu yang berhubungan dengan cagar budaya.

Komitmen ICOM untuk berbagi budaya dan pengetahuan dikuatkan oleh 30 Komite Internasional yang didedikasikan untuk berbagai jenis museum dan menyelenggarakan penelitian berkelanjutan pada bidang terkait untuk kepentingan komunitas museum. Konferensi dan simposium diselenggarakan di seluruh dunia untuk menentukan tema dengan pandangan untuk memetakan perubahan yang terjadi pada profesional museum dari seluruh negara. Sebagai tambahan, sejak tahun 1977, ICOM setiap tahun mengadakan peringatan Hari Museum Internasional (HMI), acara yang diselenggarakan di seluruh dunia pada tanggal 18 Mei, untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai peran museum dalam pengembangan masyarakat. Museum-museum merencanakan acara kreatif dan aktivitas yang berhubungan dengan tema HMI, mengikutsertakan publik dan menitikberatkan pada peran museum sebagai institusi yang melayani masyarakat dan perkembangannya.

Tujuan dari peringatan HMI adalah meningkatkan kesadaran, “museum adalah suatu alat yang penting dalam pertukaran budaya, pengkayaan budaya, dan pembinaan sikap saling pengertian satu sama lain, kerjasama, dan kedamaian di antara umat manusia”.

Partisipasi Hari Museum Internasional semakin berkembang di museum-museum di seluruh dunia. Pada 2019, lebih dari 55.000 museum berpartisipasi di 150 negara.

Hari Museum Internasional 2020 mengambil tema “Museum untuk Kesetaraan : Keragaman dan Inklusi”, yang mengarah kepada menjadi titik temu baik merayakan perbedaan sudut pandang yang menyusun komunitas dan personil museum maupun alat jagoan untuk mengidentifikasi dan mengatasi bias dalam apa yang mereka pamerkan dan kisah yang mereka ceritakan.

Selama wabah COVID-19 dan keadaan PSBB, ICOM memutuskan untuk mengubah format dan memfokuskan pada aktivitas digital untuk mempromosikan nilai HMI sekaligus memastikan keamanan publik dan staf. 

Untuk itu, Museum Nasional sebagai salah satu anggota dari ICOM sejak tahun 2016 sekaligus sekretariat Nasional Komite, ICOM INDONESIA juga bermaksud untuk ikut serta dalam merayakan HMI dengan tema #TanyaMuseumNasional. Museum Nasional akan mengadakan Diskusi dan Tanya Jawab seputar pengelolaan museum secara daring dari tanggal 12 sampai dengan 18 Mei 2020 dengan fokus bahasan interaksi dengan publik dan masyarakat luas mengenai segala aspek pengelolaan Museum Nasional. Peserta dapat mendaftar untuk ikut serta dalam sesi Diskusi dan Tanya Jawab secara langsung melalui apliaksi zoom yang akan disalurkan juga dalam kanal YouTube untuk menampung peserta yang tidak mendapatkan kuota zoom.

Daftar Diskusi dan Tanya Jawab disini