BERDETAK: 4 DEKADE YAYASAN JANTUNG INDONESIA

0
160

PAMERAN KOLABORASI 11 PERUPA KONTEMPORER DAN 16 PERANCANG BUSANA DAN AKSESORIS

Dalam peringatan 4 dasawarsa kehadirannya di tengah masyarakat, Yayasan Jantung Indonesia mengusung tema “Show You He(art)”, dimana tema ini mengeksplorasikan makna ganda dari jantung, yaitu sebagai metafora emosi atau perasaan serta makna literal sebagai organ jantung dalam tubuh kita. Jantung hanya sebesar kepalan tangan, tetapi merupakan bagian yang terkuat di dalam tubuh dan merupakan pusat kelangsungan hidup manusia. Tema ini juga merupakan ajakan kepada masyarakat luas untuk berpacu dalam kebaikan, agar dapat menjadikan hidup ini lebih bermakna.

Dengan mengusung tema Show Your He(art) dan mengedepankan semangat kolaborasi, maka sebagai  bagian dari rangkaian acara peringatan HUT YJI tahun ini, kami berkolaborasi dengan 11 seniman kontemporer dan 16 perancang busana dan perhiasan untuk memamerkan karya-karya yang merespons ide organ jantung.

Sejak berabad-abad lamanya, manusia menggunakan seni (art) sebagai sarana untuk mengekspresikan emosi dan perasaannya. Jantung, seperti yang kita ke tahun berfungsi lebih dari sekedar memompa darah tapi juga untuk mengirimkan pesan ke otak manusia. Hubungan ini memegang peranan penting dalam pengalaman emosional seseorang. Kali ini, Yayasan jantung Indonesia menggunakan seni (art) sebagai medium untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan jantung mereka dan orang-orang yang mereka cintai. Yayasan Jantung Indonesia menggunakan seni (art) sebagai medium untuk membangkitkan rasa empati kita untuk membantu saudara-saudara kita agar dapat memiliki kesempatan untuk hidup dengan jantung yang sehat.

Karya-karya yang dipamerkan dalam pameran ini didonasikan untuk dipergunakan sebagai penggalangan dana demi membantu pasien dengan penyakit jantung dari keluarga pra sejahtera. Harapan ke depan dari kolaborasi dengan para seniman kontemporer dan desainer fashion serta aksesori diharapkan dapat terjadi penyebaran informasi sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat luas tentang pentingnya memelihara kesehatan jantung melalui keseharian yang sehat. Yayasan Jantung Indonesia memberikan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pemasyarakatan Panca Usaha Jantung Sehat: Seimbangkan Gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi stres, Awasi tekanan darah, Teratur berolahraga.

Para seniman dan desainer yang terlibat dalam pameran ini adalah Aditya Novali, Agus Suwage, Angki Purbandono, Davy Linggar, Eddie Hara, Meliantha Mauliawan, Mella Jaarsma, Mujahidin Nurrahman, Mulyana, Octora Chan, dan Syagini Ratna Wulan. Sedangkan para desainer adalah Adrian Gan, Auguste Soesastro, Cara Faye, Didit Hediprasetyo, Eddy Betty, fbudi, Ghea Panggabean, Harry Halim, Heaven Tanudiredja, Major Minor, Sebastian Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Stella Rissa, Tangan, Toton, dan Tulola Jewelry.

Berkat dukungan para seniman dan desainer ini, terkumpul total 48 karya yang dipamerkan dalam pameran yang bertajuk “Berdetak: 4 Dekade Yayasan Jantung Indonesia” di Museum Nasional Indonesia dalam bentuk virtual.