Chattra: Perlindungan di Bumi Persembahan Surgawi

0
148
Relief Chattra no. inv. 437. Chattra dari Candi Belahan Mojokerto Jawa Timur. Lokasi selasar utara, taman Arca Museum Nasional.
Data Koleksi:
Relief Chattra
Belahan, Mojokerto, Jawa Timur
Abad 10-11 M
No. Inv. 437

Chattra merupakan bagian dari stupa yang berbentuk payung bersusun tiga. Letak chattra berada paling atas. Secara umum, stupa tersusun dari alas membulat yang ditinggikan dan diletakkan di bawah kubah, lalu pada bagian atas kubah terdapat harmika atau tanah berpagar juga as roda atau batang untuk menopang chattra. Chattra menyimbolkan perlindungan bumi dari kekuatan jahat. Selain itu, chattra juga bermakna sebagai objek persembahan surgawi dan juga penanda anggota keluarga kerajaan.

Jumlah chattra di atas stupa pada masa India kuna adalah tiga belas. Jumlah ini merupakan lambang penghormatan bagi Raja Penguasa Dunia atau kerajaan yang memiliki daerah kekuasaan yang luas, serta simbol tertinggi dari suatu kerajaan. Meskipun demikian, berdasarkan dari maksud dan tujuan didirikannya stupa, budaya lokal, keterampilan dari perajin lokal serta keyakinan masyarakat setempat dapat menyebabkan beragamnya bentuk bagian-bagian stupa (alas, kubah, harmika, dan payung). Oleh karena itu, bentuk dan gaya arsitektur stupa dapat berbeda-beda, baik antar daerah maupun antar negara.Relief yang menggambarkan chattra dapat Sobat Museum kunjungi di selasar utara Gedung A Museum Nasional Indonesia.

Sumber bacaan :
http://borobudurpedia.id/chattra/ (diakses 21 Mei 2021)

https://www.kompasiana.com/praviravara/605dbec88ede480c421ae1c2/memahami-chattra-borobudur-dan-melerai-sebuah-polemik?page=all (diakses 24 Mei 2021)