Ganesha, Dewa Ilmu Pengetahuan dan Penghalau Rintangan

0
187
Arca Ganesha Candi Banon

Ilmu pengetahuan tiada habisnya walaupun digali. Itulah makna dari modaka, mangkuk berisi cairan ilmu pengetahuan yang menjadi laksana dari Ganesha. Modaka digenggam oleh Ganesha di tangan bagian depan dan terdapat belalainya yang masuk ke dalam modaka. Dengan begitu, Ganesha dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Modaka juga dikisahkan berisi cairan manis kesukaan Ganesha karena Ganesha melambangkan anak-anak. Selain modaka, sikap duduk Ganesha layaknya balita yang telapak kakinya saling berhadapan (utkutikasana) dan badannya agak tambun. Ini mencerminkan dirinya seperti anak-anak, karena Ganesha ialah anak dari Dewa Siwa dan Dewi Uma atau disebut pula Dewi Parwati.

Ganesha juga dikenal sebagai dewa penghalau rintangan, baik gangguan fisik maupun magis. Ini karena tikus (musaka) merupakan kendaraan tunggangan atau wahana dari Ganesha. Diharapkan musaka yang menyimbolkan keangkuhan diri dapat dikendalikan, serta lincah dalam melewati segala rintangan di lokasi manapun. Maka dari itu, arca Ganesha seringkali diletakkan di daerah yang rawan bahaya, seperti di pinggir sungai berarus deras, dekat bendungan atau di tempat penyeberangan.

Sosoknya berkepala gajah dengan empat tangan menandakan kemampuan Ganesha yang melebihi manusia biasa. Penggambaran Ganesha pada arca antara lain memegang patahan gadingnya (ekadanta), kapak perang (parasu), tasbih (aksamala), teratai merah (padma) dan modaka. Sebagai anak dari Dewa Siwa, maka keperawakan Ganesha serta laksana yang digenggamnya pun mirip sang ayah. Oleh karena itu, Ganesha juga memiliki trinetra, memakai upawita berbentuk ular, mahkota dari pilinan rambut (jatamakuta), hiasan bulan sabit dan tengkorak (ardhacandrakapala). Alas duduknya berupa teratai berwarna merah jambu (padma) terkadang tengkorak (kapala).

Di Museum Nasional Indonesia terdapat beberapa koleksi arca Ganesha. Ada yang terbuat dari batu dan juga logam. Salah satu koleksi arca Ganesha yang adikarya yakni koleksi bernomor inventaris 186b/4865 yang berasal dari Candi Banon, Magelang-Jawa Tengah. Keunikannya antara lain memiliki ukuran yang besar yakni sekitar 1,5 m. Arca Ganesha ini dapat Sobat Museum temukan di Rotunda Gedung A Museum Nasional Indonesia.

Data Koleksi:

Ganesha

Batu

Magelang, Jawa Tengah

Sumber:
 
 
 

https://museumnasional.wordpress.com/2010/10/29/arca-ganesha
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/mengenal-lebih-dekat-arca-ganesha-selesai/ 
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/mengenal-lebih-dekat-arca-ganesha-bagian-ii/ 
https://munas.kemdikbud.go.id/mw/index.php?title=Ganesha_186b/_4845