Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional Siap Digelar

0
2197

LCC Museum untuk SMP/MTs Tingkat Nasional 2018:

Mewujudkan Generasi Muda Indonesia yang Unggul dan Berkarakter


Museum Nasional kembali menyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Museum SMP/MTs Tingkat Nasional. Lomba tahun 2018 mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda Indonesia yang Unggul dan Berkarakter”. Sebanyak 87 siswa-siswi dari 29 provinsi seluruh Indonesia akan berpartisipasi dalam lomba ini. Dua puluh sembilan tim ini akan memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, trofi, piagam, dan uang pembinaan dengan nilai total Rp.97.500.000. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 3-7 September 2018 di Museum Nasional, Jakarta.

Tahun ini menjadi tahun keempat Museum Nasional dalam penyelenggaraan lomba cerdas cermat tingkat nasional. Tahun 2015 piala bergilir dimenangkan oleh Provinsi Jawa Barat, tahun 2016 direbut oleh Provinsi Riau, dan tahun 2017 dimenangkan oleh Provinsi Jawa Tengah.

Tiga materi yang akan diujikan dalam lomba ini antara lain sejarah kebudayaan Indonesia, sejarah kebudayaan bangsa, dan permuseuman. Museum Nasional mengundang sejumlah akademisi dari Universitas Indonesia, sejarawan, dan pelaku permuseuman sebagai juri dan narasumber. Museum Nasional juga bekerja sama dengan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta dalam penyusunan soal lomba tahun ini.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum, menyebarluaskan informasi/pengetahuan tentang wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa sehingga terwujud kesadaran jati diri bangsa untuk mewujudkan karakter yang kuat dalam diri generasi muda. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan tokoh pahlawan agar dapat meneladani semangat patriotismenya serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air.