28 Tim Cerdas Cermat Telah Bertanding, Siapa Saja yang Melaju ke Babak Final

0
868
Para peserta saling menyemangati peserta lainnya dalam seminar Motivasi
Para peserta saling menyemangati peserta lainnya dalam seminar Motivasi

Jakarta, 4/9/2018: Sebanyak 28 provinsi terbagi menjadi 9 grup dalam Lomba Cerdas Cermat Museum 2018 yang telah berlangsung pagi tadi. Peserta cerdas cermat diberikan 3 macam soal yaitu soal wajib, soal lempar rebut dan soal rebutan yang masing-masing berjumlah 10 soal terdiri dari soal sejarah, kebudayaan dan permuseuman.

Setelah berjalannya babajk penyisihan grup, maka masuklah sembilan tim yang lolos di babak penyisihan grup adalah provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Barat. Secara otomatis mereka melaju ke Semifinal. Pada pertandingan babak semifinal akan menentukan 2 tim dengan nilai tertinggi di setiap pertandingan akan maju ke final memperebutkan juara 1,2 dan 3, sementara tim dengan nilai tertinggi kedua akan bertanding memperebutkan juara harapan 1,2 dan 3.

Pertandingan semifinal berlangsung dengan sengit, masing masing tim saling menjawab dengan cepat bahkan sebelum soal selesai dibacakan. Perbandingan nilai pun tidak terpaut jauh kepada dua tim yg memperoleh nilai tertinggi, yakni pada pertandingan semifinal pertama, tim Jawa Tengah memperoleh nilai 1650 dan tim Nusa Tenggara Barat memperoleh nilai 1200, selanjutnya pada pertandingan semifinal kedua, tim DKI Jakarta memperoleh nilai 1200 dan tim Nusa Tenggara Timur memperoleh nilai 500.

Pertandingan semifinal terakhir, tim Kalimantan Selatan memperoleh nilai 1400 dan tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh nilai 1050. Dengan demikian keenam tim telah maju ke babak final. Tim provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kalimantan selatan akan bertanding memperebutkan Juara 1, 2 dan 3, sedangkan tim Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan bertanding memperebutkan juara harapan 1,2 dan 3. Pertandingan tersebut akan berlangsung besok, yakni Rabu 5 September 2018 pukul 08.00 WIB, dan akan dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.