Perdalam kemampuan membatik IG TK berlatih di Museum Nasional

0
267

Jakarta 16 Februari 2019. Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Kecamatan Tapos Kota Depok mengunjungi  Museum Nasional, jika biasanya para guru TK berkunjung beramai-ramai beserta anak didiknya hari ini mereka datang khusus ke Museum Nasional dalam rangka meningkatkan wawasan serta kemampuan membatik. Pelatihan membatik ini sebenarnya merupakan program Museum Nasional yang dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 10.00-14.00 wib di lobi kaca Museum Nasional, atas inisiatif dari pengurus IGTK ingin mengadakan workshop khusus untuk para guru TK.

Kegiatan diawali dengan pemaparan tentang batik oleh bapak Muswan Daromi seorang pembatik yang rutin mengajar batik di Museum Nasional, kemudian di sesi praktek diawali dengan memilih kain kemudian direntang dengan hoop agar mempermudah pada saat membuat pola batik dengan pensil, setelah dipola langsung ke proses pencantingan hingga proses pewarnaan sederhana menggunakan teknik colet.

Guru - guru TK Workshop Membatik di Museum Nasional
Guru – guru TK Workshop Membatik di Museum Nasional

Program membatik di Museum Nasional ini diikuti oleh 53 guru TK dari berbagai sekolah TK yang ada di Kecamatan Tapos Kota Depok. Program ini dilakasnakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan proses membatik, diharapkan bisa diaplikasikan pada saat proses mengajar anak-anak”…. tukas ibu  Siti Fatiah Ketua K3S yang mewakili ketua IGTK pada kegiatan ini.