Program Museum Nasional bagi pengunjung

0
1521

Museum Nasional berusaha meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke museum, dengan tujuan masyarakat dapat mengenal sejarah dan kebudayaan Indonesia. Tahun 2017 ini Museum Nasional menutup sebagian area kunjungan yaitu Gedung A (Gedung Cagar Budaya) untuk sementara tidak dapat dikunjungi karena sedang dilaksanakan revitalisasi gedung dan tata pamerannya pengunjung harus bersabar jika ingin mengunjungi gedung A paling tidak hingga tahun 2018 nanti.

Tapi jangan khawatir selain masih membuka Gedung B untuk dikunjungi kami juga telah menyusun beberapa program menarik bagi pengunjung :
1. Sekolah Tari Prajnaparamita


Merupakan program yang dilaksanakan tahun lalu namun karena antusias masyarakat yang menyambut baik program tersebut sehingga tahun 2017 ini kembali dilaksanakan. Program ini dilaksanakan untuk memberi pengalaman serta wawasan kebudayaan bagi para generasi muda  tentang keragaman budaya bangsa Indonesia, bagi yang berbakat tentunya akan ada pengembangan lebih lanjut. Bagi yang berminat mengikuti program Sekolah Tari Prajnaparamita silakan untuk mendaftar dengan datang langsung setiap hari Sabtu mulai pukul 09.30 WIB di Lobby Kaca. Program ini dapat diikuti dengan cuma-cuma alias gratis.

2. Kids Corner
Fasilitas khusus untuk anak di Museum Nasional dapat dikunjungi selama jam buka museum, apa saja kegiatannya?
di area kids corner tersedia berbagai kegiatan untuk mengolah kretaifitas anak diantaranya : melukis kendi, mewarnai, melukis, permainan tradisional, memakai pakaian adat dan alat musik tradisional. Kids Corner juga dapat dikunjungi oleh rombongan dari PAUD maupun TK/RA.


3. Nonton Teater di Museum

Pertunjukan Teater di museum, berbeda dengan teater-teater di tepat lain,  teater di Museum Nasional akan berkisah tentang seputar cerita dibalik koleksi yang ada di museum. Setiap tahun ada 5-7 kisah  yang akan dibawakan oleh para aktor teater dari Teater Koma dan komunitas teater lainnya di Jakarta. (Jadwal akan kami umumkan di medsos)

4. Belajar Gamelan
Siapa yang tidak tahu Gamelan, alat musik tradisional ini sangat dikenal di Indonesia maupun mancanegara, tapi apakah anda sudah pernah memainkan Gamelan? jika belum, sekaranglah saatnya, karena tahun ini Museum Nasional memfasilitasi pengunjung museum untuk mencoba bermain dan berlatih alat musik yang satu ini.

6. Membatik

Satu lagi yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke Museum Nasional adalah pengalaman membatik, kamu harus mencoba bagaimana rasanya membatik. Program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu disekitar lobi kaca. Tujuannya untuk memberi pengalaman membatik untuk menumbuhkan apresiasi batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Kegiatan diatas dapat diikuti hanya dengan tiket masuk ke Museum Nasional  Rp.5.000,- untuk pengunjung dewasa, Rp. 2.000,- untuk pengunjung anak-anak dan Rp. 10.000,- untuk pengunjung asing. Jangan sampai ketinggalan informasi, ikuti di sosial media Museum Nasional Twitter, Facebook dan Instagram.