Bagaimana tour museum di tengah pandemi Covid-19?

0
683
Kreatifitas Museum Nasional dalam masa pandemi
Hari ini, sudah 50 hari sejak pemerintah menetapkan bekerja dari rumah untuk wilayah Jakarta sejak 16 Maret 2020 lalu

Biasanya Museum Nasional selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai latar belakang, tahun 2019 rata-rata pengunjung tiap harinya mencapai 800 hingga 1.000 pengunjung setiap harinya. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menutup sementara tempat-tempat wisata dan pusat keramaian untuk meminimalisir penularan covid-19. hingga pada tanggal 17 Maret 2020 Museum Nasional secara resmi menutup layanan kunjungan.

Walaupun menutup layanan kunjungan Museum Nasional tetap melayani keperluan kantor seperti surat menyurat, permintaan data. Kegiatan publik yang sedianya dilakukan terpaksa dibatalkan diganti dengan kegiatan yang bersifat daring atau online tanpa harus mengumpulkan banyak orang. Pegawai bekerja dari rumah Work From Home istilahnya.

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk lebih kreatif dan berubah dalam berbagai bidang, pola bekerja, cara belajar, dan cara interaksi sosial. Covid-19 menjadi momentum untuk bekerja dan belajar lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Tidak diragukan bahwa setelah pandemi covid-19 mereda banyak hal yang akan terus berubah mengikuti pola-pola selama pandemi. Sejak Februari hingga April 2020 tercatat 42 sekolah telah membatalkan kunjungannya ke Museum Nasional terkait Covid-19.

Menyikapi hal diatas maka Museum Nasional memberikan layanan pemanduan daring melalui aplikasi zoom untuk mengisi prohgram belajar dari rumah. Untuk dapat mengikuti pemanduan daring ini siswa dapat mendaftar melalui laman pendaftaran yang nantinya akan diberikan password untuk masuk ke kelas virtual Zoom. Jangan lupa untuk menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Dalam sepekan pemanduan daring ini dilakukan sebanyak 2 kali yaitu setiap hari Selasa dan Rabu pukul 13.00 sampai pukul 14.30 WIB. Pemanduan ini akan dibimbing oleh para Edukator Museum Nasional dengan menggunakan Virtual Museum hingga seperti melakukan perjalanan ke Museum Nasional.

Untuk sementara program ini hanya diperuntukan bagi pendaftar individu, untuk rombongan sekolah dapat menghubungi 0813 5000 7257 via watasapp.