Perkuat Karakter Kebangsaan Museum Nasional Gelar Cerdas Cermat Kebudayaan

0
314

Jakarta, 6 Agustus 2017 : Penguatan karakter bangsa menjadi salah satu butir Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Komitmen ini ditindaklanjuti dengan arahan Presiden kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan. Atas dasar ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Museum Nasional Kembali Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan untuk siswa- siswi tingkat SMP/MTs tingkat Nasional, tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga. Mengusung tema Anak Indonesia Generasi Cerdas dan Berkarakter adalah sebagai usaha memperkuat karakter bangsa melalui kebudayaan dan sejarah perjuangan bangsa.  Apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa,rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan,taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama merupakan subnilai nasionalis yang harus ditanamkan dalam setiap benak generasi muda bangsa Indonesia. Museum Nasional berupaya mempererat persatuan bangsa melalui momen-momen kreatif untuk mempertemukan mereka para generasi bangsa yang terpisah oleh jarak dan perbedaan untuk bersatu dan saling menghargai satu sama lain.

Dalam Kegiatan ini para peserta lomba akan berkompetisi dan adu pengetahuan tentang kebudayaa dan sejarah perjuangan bangsa, bagi juara pertama akan berkesempatan memboyong piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai apresiasi bagi para pemenang Museum Nasional menyiapkan hadiah uang pembinaan dengan total Rp. 97,5 Juta.

Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini didikuti oleh 28 provinsi melalui Museum Provinsi, pembukaan akan dihadiri Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dan Kepala Museum Nasional yang baru saja dilantik Drs. Siswanto MA. Kompetisi akan dilaksanakan pada tanggal 8Agustus untuk babak penyisihan dan  pada 9 Agustus untuk babak final dan pengumuman kejuaraan yang akan dihadiri oleh Mendikbud Muhadjir Effendy.

Berikut Susunan Acara Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan tahun 2017

Senin, 7 Agustus

10.00-13.00         : Kedatangan Peserta dari Daerah

13.00-15.00         : Kegiatan perkenalan antar peserta

15.30-16.30         : Pembukaan oleh Kepala Museum Nasional dan Direktur Jenderal Kebudayaan

Selasa, 8 Agustsus

Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan

08.00-12.00         : Babak Penyisihan I

13.00-15.00         : Babak Penyisihan II

15.30-17.00         : Semi Final

Rabu, 9 Agustus

08.30-10.30         :Final

11.00-14.00         : Pengumuman kejuaraan dihadiri oleh Mendikbud