Sulteng Pertahankan Gelar Juara Tiga Tahun Berturut-Turut

0
33
BBk Final Provinsi Lampung, Sulawesi Tengah dan Riau

Jakarta, 10/09/22. Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sukses mempertahankan piala bergilir selama tiga tahun berturut-turut. Kemenangan ditahun ketiga diperoleh setelah mengalahkan provinsi Riau dan provinsi Lampung dengan perolehan nilai masing-masing 5.600, 4.600 dan 3.800. Dengan demikian provinsi Sulawesi Tengah menjadi juara 1, disusul oleh provinsi Riau sebagai juara 2 dan provinsi Lampung sebagai juara 3.

Pada babak perebutan juara harapan, Provinsi D.I. Yogyakarta memperoleh hasil dengan nilai 5.100 sebagai Juara Harapan I, Provinsi DKI Jakarta mendapatkan nilai 3.650 sebagai Juara Harapan II, dan Provinsi Kalimantan Timur memperoleh nilai 3.250 sebagai Juara Harapan III.

Hasil LCCM 2022. sumber : Tangkapan Layar YouTube Museum Nasional Indonesia

Selain itu, terdapat tiga Juara Yel-Yel terbaik yang dipilih oleh dewan juri yaitu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, dan Provinsi Bali. Kemudian Juara Favorit pilihan pemirsa LCCM kali ini yaitu dari Provinsi Lampung dengan perolehan 17% dari 25.336 responden yang mengikuti polling secara daring.

Sebanyak 32 provinsi turut berpartisipasi pada LCCM kali ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan minat generasi muda dan masyarakat mengunjungi museum, menumbuhkan apresiasi siswa terhadap kebudayaan Indonesia, mengenalkan tokoh pahlawan agar dapat meneladani patriotisme, serta menciptakan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air. 

Plt. Kepala Museum Nasional menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta dari provinsi yang berpartisipasi. 

“Melalui LCCM ini kami berharap agar para siswa menambah wawasan tentang Kebudayaan, Sejarah, dan Pengetahuan. Tentu saja kami juga ingin memberikan semangat kejuangan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa terutama memberikan dorongan dan motivasi untuk mengisi apa yang sudah diwariskan oleh para founding fathers dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara” Ujar Sri Hartini.

Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2022 telah sukses terselenggara pada 5 sampai10 September 2022. LCCM telah dilaksanakan delapan kali atau sejak tahun 2015. Serta pada tahun ini merupakan ketiga kalinya perlombaan dilaksanakan secara daring.

Selamat Kepada Juara dan Nantikan LCCM 2023!