SMK Pariwisata Rex Mundi Bekali Siswa Wawasan Kebudayaan di Museum Nasional

0
285
Penyampaian Materi oleh kurator dan edukator Museum Nasional
Ibu Fifia Wardhani menyampaikan materi kepada siswa-siswi SMK Pariwisata Rex Mundi Jakarta

Jakarta, 11 Desember 2018 – Hari kedua berlansungnya kegiatan On The Job Training, siswa-siswi SMK Pariwisata Rex Mundi mendapatkan pembekalan materi tentang sejarah gedung Arca dan koleksi-koleksinya. Acara berlansung di Auditorium Museum Nasional dengan pemberian materi koleksi gedung Arca oleh Ibu Fifia Wardhani. Materi yang diberikan pada hari ini yang pertama tentang “Manusia dan Lingkungan Indonesia” kemudian menuju Gedung Arca untuk mempelajari tentang peninggalan Hindu-Budha. Selanjutnya siswa-siswi menuju gedung B diberikan materi tentang “Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Ekonomi” yang merupakan tema pameran di Gedung B lantai 2 yang disampaikan oleh kurator dan edukator Museum Nasional. Secara rutin peserta kegiatan diharuskan membuat rangkuman materi yang telah disampaikan setiap harinya.

Pemberian materi koleksi gedung arca Museum Nasional
Siswa-siswi SMK Pariwisata Rex Mundi sedang mengamati dan mempelajari koleksi gedung Arca Museum Nasional

Bapak Handoko, selaku Pembimbing kegiatan On The Job Training mengatakan “kegiatan ini diikuti siswa-siswi kelas 11 yang berjumlah 62 dan dilakukan setiap tahun yang bertujuan untuk melatih keterampilan pengetahuan tentang sejarah Indonesia dan Geografi untuk menunjang keterampilan pariwisatanya.”

Museum Nasional sebagai sarana pengetahuan sejarah agar generasi muda dapat mengerti dan memahami bagaimana sejarah bangsanya. Selain itu agar memahami dan belajar dari pengalaman masa lalu dan dapat memperbaiki hal yang buruk dan melanjutkan yang baik dari sejarah masa lalu”, tambah Bapak Handoko.