Sambut Hari Pramuka Ke-58, Kemdikbud Ajak 1.000 Siswa PAUD Se-Jabodetabek Bermain ke Museum Nasional

0
46
Tur Museum - Sumber: Dokumentasi Museum Nasional

(15/8) – Dalam memperingati Hari Pramuka 14 Agustus yang ke-58, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini  Kemendikbud menggelar acara “PAUD Goes to Museum” yang dihadiri sekitar 1.000 Siswa  PAUD dari 56 sekolah se-Jabodetabek untuk berkunjung ke Museum Nasional, Jakarta.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Muhammad Hasbi mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan karakter, budi pekerti, dan rasa cinta tanah air pada anak sejak usia dini.

“Kegiatan siswa PAUD berkunjung ke museum nasional bertujuan untuk penanaman karakter, budi pekerti,  dan semangat cinta tanah air.” Ujar Muhammad Hasbi.

Selain menyasar edukasi pada siswa, acara ini juga bertujuan untuk menganjurkan kepada pihak sekolah dan guru agar metode pembelajaran seperti ini dapat diterapkan dikurikulum sekolah yang mana sebanyak 98, 1% sekolah PAUD dikelola oleh masyarakat.

“Diharapkan program seperti ini diterapkan dalam kurikulum sekolah dan para guru dapat melakukan kegiatan serupa secara berkala.” Ujarnya.

Kegiatan Mewarnai Gambar – Sumber: Dokumentasi Museum Nasional

Pada kegiatan ini, anak-anak diajak mengelilingi museum melihat koleksi-koleksi yang ada di museum yang didampingi oleh para pemandu dari Museum Nasional. Selain mengelilingi museum mereka juga melakukan kegiatan lain seperti  mewarnai, bermain permainan tradisional, membuat souvenir, dan merangkai manik-manik.