REKREASI EDUKASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL

0
126

Jakarta (1/8) - Instalasi Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan mengadakan program baru yaitu kunjungan ke Museum. Program ini dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan komunikasi efektif para rehabilitan daycare. Dua kali dalam sebulan, para rehabilitan akan secara bergiliran ikut dalam kunjungan tersebut.

Museum dipilih sebagai objek kunjungan dikarenakan museum memiliki nilai edukasi yang tinggi bagi para rehabilitan. Harapan dari dipilihnya museum adalah dapat meningkatkan kecintaan rehabilitan terhadap kebudayaan dan sejarah. Museum Nasional dipilih menjadi museum pertama dalam program ini berdasar pada kemudahan akses dan koleksinya yang berkenaan dengan kebudayaan dan sejarah Indonesia.

Para pendamping mengharapkan dengan adanya kegiatan kunjungan ke luar akan membantu kemampuan pasien untuk bersosialisasi dengan masyarakat lain. Memilih Transjakarta sebagai transportasi ditujukan agar rehabilitan dapat berlatih komunikasi dengan baik kepada masyarakat umum selain itu sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan rehabilitan dengan masyarakat. 

Program ini direncanakan akan dilaksanakan satu kali dalam dua minggu. Tiap sesi kunjungan lima orang rehabilitan akan dipilih secara bergiliran dengan didampingi oleh dua orang pendamping. Para pendamping juga mengharapkan tidak ada lagi stigma negatif dari masyarakat umum terhadap rehabilitan penyandang disabilitas mental. Selain itu, diharapkan juga para rehabilitan ini memiliki tempat pada bagian kehidupan sosial masyarakat lainnya.