Orang Laut “Pengarung Lautan Beratap Kajang”

0
150
Foto : Dokumentasi Tim Ekskursi Arsitektur UI

Ekskursi Arsitektur UI adalah program kerja tahunan dari Ikatan Mahasiswa Arsitektur FTUI yang melakukan dokumentasi arsitektur vernakular dari daerah-daerah di Indonesia. Pada bulan Juni-Juli 2019 lalu, Tim Ekskursi Arsitektur UI 2019 telah melakukan perjalanan untuk mendokumentasikan arsitektur vernakular orang laut, tepatnya suku Asli di Lingga, Kepulauan Riau dan suku Duano di Indragiri Hilir, Riau.

Dokumentasi berupa video, foto dan data-data kebudayaan dari suku asli Lingga dan suku Duano dipamerkan di Museum Nasional Indonesia. Pameran ini akan berisi hasil dokumentasi arsitektur vernakular tentang orang laut yang dulunya tinggal secara nomaden di dalam sampan beratapkan kajang sampai transformasinya hingga tinggal secara seminomaden di pesisir pada saat ini. Pameran ini akan membahas persepsi orang laut terhadap ruang dan alam, tepatnya lautan sebagai sumber kehidupan mereka.

Seluruh rangkaian Pameran Ekskursi Arsitektur UI 2019: Orang Laut terbuka untuk umum. Mengambil tema “Pengarung Lautan Beratap Kajang” di Ruang Pameran Temporer Gedung B Museum Nasional Indonesia pada tanggal 17 – 31 Januari 2020.