Yuk Nonton! Minggu ini Museum Nasional sajikan Pentas Dongeng Teater Koma,

0
679

Kabar gembira bagi para penikmat teater di Museum  Nasional perdana di tahun 2018 Pentas Dongeng Teater Koma akan naik panggung lagi di Museum Nasional, kali ini berkisah tentang serangan Sultan Agung ke Batavia. Jangan lewatkan tetaer asik ini, selain menghibur juga sarat dengan informasi dan nilai-nilai sejarah.

Pentas Teater Museum Nasional
Pentas Teater Museum Nasional bersama Dapoer Dongeng dan Teater Koma

Alkisah, naik takhta tahun 1613 saat usianya baru 12, #SultanAgung tak perlu waktu lama buat kuasai Jawa.

Dari Rembang dan Lasem di utara Jawa Tengah hingga Tuban, Gresik, Surabaya, Madura dan Pasuruan di timur, ia taklukan! Saat umurnya 24, yang tersisa cuma Banten di Barat Jawa. Kesultanan itu lautnya dijaga armada tempur dahsyat, daratannya dilindungi pagar alam gunung dan hutan lebat.

Mataram yang pasukannya bertumpu pada kekuatan angkatan darat cuma bisa lewat Jayakarta di pesisir utara. #SultanAgung Apesnya, kumpeni dagang VOC kini bercokol di sana setelah merebutnya dari Banten. Mereka menolak tawaran kongsi Mataram. Tahun 1628, #SultanAgung mengirim prajuritnya 500 km dari ibu kota Mataram di Jawa Tengah buat menghukum Batavia. Alhasil, Wlanda yang cuma punya 3,000 soldadu pukul mundur 30,000 prajurit Mataram yang letih dan lapar setelah berjalan kaki selama 3 bulan!.

Tahun 1629, #SultanAgung kerahkan kembali 250,000 tamtamanya untuk serbuan kedua. Ia bangun sawah di Cirebon dan Kerawang buat menjamin pasokan makan pasukannya. Kali ini, akankah ia berhasil? #SultanAgung

Nikmati kisahnya di Pentas Dongeng Teater Koma “Mangan ora Mangan, Gempur!” Dalam progam Akhir Pekan @ Museum Nasional Minggu, 29 April 2018.

Tersedia pilihan waktu pementasan jam 10:00 | 11:00 | 12:30 WIB

Mari ajak teman-teman dan keluargamu, dan segera lakukan reservasi di sini: http://bit.ly/AkhirPekanApril18 …#AkhirPekandiMuseum