Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional 2019 Siap digelar

0
1444
Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

Jakarta (6/8)´╝ŹLomba Cerdas Cermat Museum (LCCM 2019) ke-4 akan segera dilaksanakan pada Oktober mendatang. Tiap-tiap daerah sudah mulai melakukan banyak penyisihan untuk mengirimkan perwakilannya ke Jakarta. LCCM 2019 ini diperuntukan bagi para pelajar setingkat SMP/MTs yang ditunjuk atau pemenang dari LCCM di tingkat provinsi.

Cerdas Cermat Museum akan digelar di Museum Nasional Indonesia, pada tanggal 9 hingga 13 Oktober 2019 mendatang.

Museum Provinsi melalui Dinas Kebudayaan di berbagai provinsi mulai melakukan lomba serupa untuk memilih perwakilan yang akan bertanding di Museum Nasional Jakarta untuk memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini sudah ada sekitar 12 provinsi di antara lain Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, dan sebagainya.

Puncak dari Lomba Cerdas Cermat Museum akan digelar di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, bertepatan dengan Pekan Kebudayaan Nasional pada tanggal 9 hingga 13 Oktober 2019 mendatang. Materi perlombaan adalah sejarah kebudayaan Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, serta wawasan permuseuman. Enam tim terbaik akan dipilih sebagai Juara dengan total hadiah senilai lebih dari 100 juta rupiah.

Lomba Cerdas Cermat Museum sudah dilaksanakan sejak 2015, dua tahun berturut-turut 2017 dan 2018 juara pertama di rebut oleh Provinsi Jawa Tengah. Selain untuk menguji wawasan pelajar akan kebudayaan dan permuseuman, lomba ini juga ditujukan guna menciptakan persaudaraan antar generasi muda Indonesia dari berbagai daerah, untuk mengokohkan persatuan bangsa.