Kunjungan Menteri Luar Negeri RRT ke Museum Nasional

0
389

Jakarta, Indonesia – Museum Nasional menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Qin Gang pada Rabu, 22 Februari 2023. Kunjungan resmi Menlu Qin Gang merupakan kunjungan pertama setelah dilantik Desember 2022.

Kunjungan tersebut turut didampingi perwakilan Museum Nasional untuk menyampaikan beberapa penjelasan mengenai Sejarah dan Kebudayaan Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Menlu Qin Gang, terkesan dengan penjelasan dari perwakilan Museum Nasional mengenai kebudayaan Indonesia, mulai dari perkembangan aksara pertama di Indonesia melalui prasasti hingga menyaksikan kemegahan arca terbesar di Museum Nasional yaitu Bhairawa Budha. Selanjutnya disampaikan juga mengenai luasnya persebaran suku bangsa dan bahasa daerah di Indonesia. Terakhir, Menlu Qin Gang juga mengunjungi ruang Khasanah Emas dan Keramik. Di ruang ini menampilkan koleksi yang terbuat dari emas dari regalia yang ada di Indonesia. Sementara itu, koleksi keramik tiongkok yang ditemukan di Indonesia, hal tersebut merupakan bukti adanya perdagangan pada masa lalu.

“Saya sangat menghargai sejarah panjang dan peradaban Indonesia yang luar biasa. Saya sangat terkesan. Tiongkok dan Indonesia memiliki pertukaran sejarah yang panjang. Saya harap kedua negara akan terus mempererat pertukaran budaya dan mempererat persahabatan.“ ungkap Menlu Qin Gang yang dikutip dari buku testimoni tamu negara Museum Nasional.

Kunjungan Menlu Qin Gang ke Museum Nasional bertepatan dengan agenda pertemuan ke-4 Sidang Komisi Bersama Republik Indonesia dengan RRT pada 21-23 Februari 2023. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat hubungan bilateral mengenai kemitraan strategis komprehensif di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, maritim, kesehatan, konektivitas, dan pertukaran masyarakat.