Koleksi Sejarah Asian Games 1962 ada di Museum Nasional

0
371
pameran asian games
pameran asian games

Kesuksesan Indonesia  menjadi tuan rumah Asian Games 1962 merupakan memori kolektif bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa Asia sebagai gelaran olah raga terbesar di Asia.

Sejarah Asian Games dimulai dari digelarnya Asian Games pertama pada tahun 1951 di New Delhi, India dan pertama kali di Indonesia pada tahun 1962. Tahun 1962, tercatat sebagai Asian Games pertama bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Perhelatan yang berlangsung 24 Agustus sampai dengan 4 September 1962 dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Diikuti 1.460 atlet yang mewakili 17 NOC Asia, multi event ini menampilkan 13 cabang olahraga; atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat. Asian Games 1962 ini memperebutkan 372 medali emas.

PAMERAN SEJARAH ASIAN GAMES : OLAHRAGA DAN PEMBANGUNAN ETOS BANGSA “ENERGI YANG TAK PERNAH PADAM” – MUSEUM NASIONAL INDONESIA [18-28 AGUSTUS 2018]

Koleksi sejarah Asian Games berupa foto, majalah, dan surat kabar sejaman, perangko dan  benda memorabilia berupa souvenir Asian Games ke-IV tahun 1962 akan dihadirkan pada pameran ini. Lebih dari itu, Pameran yang dihadirkan diharapkan dapat memotivasi dan membangun semangat tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Museum Nasional,  serta didukung Kantor Cabang Perum Percetakan Negara Lokananta, Ulil Yusron (Komunitas Kesejarahan) dan Amin Rahayu (Sejarawan/Direktorat Sejarah Kemendikbud) mempersembahkan pameran Asian Games di dua lokasi,  di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan,  Jakarta yang berlangsung dari tanggal 17- 25 Agustus 2018 dan Lobby Kaca Gedung B Museum Nasional yang berlangsung dari Tanggal 18-28 Agustus 2018.