ImersifA, Ruang Baru Imajinasi di Museum Nasional

0
6950

Jakarta. 13 Maret 2021. Museum Nasional terus mengembangkan diri untuk menarik minat pengunjungdanmemperluas peranannya dalam mengkomunikasikan budaya sesuai dengan kebutuhan zaman. Kali ini, Museum Nasional mengembangkan Ruang ImersifA yang memanfaatkan teknologi
imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung. Ruang ImesifA merupakan instalasi permanen video mapping di Gedung A, MuseumNasional, Jakarta, dengan ukuran 12 m x 21 m. Pada setiap sesi pertunjukan, sajian Video mappingberdurasi 30 menit yang diproyeksi dengan sudut 360°, termasuk lantai. Pengunjung yang menyaksikan akan merasakan sensasi seolah-olah ada di dalam video.

Dinding yang mengelilingi dan lantai yang dipijak menjadi layar yang memutar pertunjukan. Konten ImersifA menampilkan sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, sejarahdanbudaya dari masa ke masa. Di ruang ini, pengunjung akan berpetualang, mengalami duniadari sudut pandang pelaku sejarah. Layaknya penjelajah, pengunjung mengeksplorasi khasanahdankeanekaragaman alam Indonesia, seni dan budaya, kerukunan beragama hingga pengalamaneksotik menembus batas berbagai motif-motif tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai koleksi museum, benda cagar budaya dan bangunan cagar budaya. Keseluruhan gambar danpenyajian menampilkan ornamen dan bentuk-bentuk budaya Nusantara dengan musikyangdiaransemen modern, dengan melibatkan audio visual untuk menciptakan sensasi pengalamanunik terutama penglihatan, suara dan imajinasi melalui bantuan teknologi digital. Masing- masingpengunjung imersif akan merasakan pengalaman dan emosi yang bersifat personal, dan setiaporangberkesempatan merasakan pemaknaan pribadi dan inspirasi.


Harapannya, dengan wahana baru ini, pengunjung bisa belajar dan mendapatkan pengetahuanbudaya dengan cara yang menyenangkan sehingga para pengunjung khususnya generasi mudamemiliki kesadaran, pemahaman akan kekuatan budaya Indonesia. Hal ini akan membantugenerasi muda untuk merefleksikan jati dirinya dan menyadari potensinya sebagai bangsa yangbesar yang mampu bekerja sama dan hidup berdampingan dengan berbagai bangsa di dunia.

https://www.youtube.com/watch?v=872eqAqweec
Peluncuran Ruang ImersifA Museum Nasional