Festival Aku dan Kain Resmi Dibuka

0
1212

Jakarta, 10 Agustus 2022. Museum Nasional menyimpan berbagai jenis koleksi peninggalan budaya bangsa Indonesia salah satunya adalah koleksi kain. Jenis kain di Indonesia salah satu yang paling beragam dari segi teknik, warna, ragam hias dan sarat dengan makna dan filosofi.

Kolaborasi Museum Nasional dengan Oscar Lawalata Culture melaksanakan Festival Aku dan Kain. Festival yang diselenggarakan di Museum Nasional. Museum Nasional menampilkan koleksi kain yang secara khusus dipilih oleh kurator Museum Nasional dan kain hasil kreatifitas dari desainer ternama Oscar Lawalata.

Pembukaan acara Festival Aku dan Kain pada Rabu 10 Agustus 2022 dibuka bersama-sama oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek Hilmar Farid, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru  Ahmad Mahendra dan Sri Hartini Plt. Kepala Museum Nasional.

Pembukaan Festival Aku dan Kain diawali dengan siaran pers di Ruang Teater, iringan gamelan oleh grup Laras Kanita dan prosesi seremonial pembukaan acara di Gedung B, rangkaian pembukaan Festival Aku dan Kain ditutup dengan Fashion Show dari 100 karya Oscar Lawalata Culture.

“Kain tentunya bukan sekedar benda penutup tubuh lebih dari itu kain adalah identitas kita, ujar Hilmar Farid

Fahion show Festival Aku dan Kain di Museum Nasional

Festival Aku dan Kain juga dimeriahkan dengan program publik seperti workshop dan talkshow. Dibuka untuk publik pada 11 Agustus-10 September 2022, jam 09.00-16.00 WIB. Tiket masuk dikenakan tarif Rp20.000, belum termasuk tiket reguler Museum Nasional.