Kulturlsinema #6 – Gelora Indonesia: Mengenal Sejarah Indonesia Melalui Film Berita

ARKIPEL kembali menggelar kulturlisinema ke-6 yang diselengarakan di Museum Nasional Jakarta. Pameran ini berlangsung selama tujuh hari mulai dari tanggal 18 Agustus 2019 sampai dengan 25 Agustus 2019.

0
96
Sumber: Dokumentasi Museum

Jakarta (22/08) – ARKIPEL kembali menggelar kulturlisinema  ke-6 yang diselengarakan di Museum Nasional Jakarta. Pameran ini berlangsung selama tujuh hari dari  tanggal 18 Agustus 2019  sampai dengan 25 Agustus 2019.

Pameran Film Sejarah Indonesia kultur sinema ini merupakan bagian dari Jakarta International Documentary and Experimental Film Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2014. Pameran ini bertujuan sebagai upaya untuk mengumpulkan, mendata, membaca, dan memaknai kembali kultur sinema di Indonesia dalam segala aspek yang telah berkembang selama lebih dari 1 abad.

Pada kultur sinema yang ke – 6 ini, ARKIPEL mengusung tema Filem Berita Gelora Indonesia. Filem Berita Gelora Indonesia ini menampilkan peristiwa – peristiwa nasional yang terjadi pada tahun 1951 – 1976. Gelora Indonesia menjadi semacam ‘catatan harian pemerintah’ yang memperlihatkan perkembangan Indonesia sejak 5 Januari 1951 hingga berakhir di tahun 1976, lalu digantikan Gelora Pembangunan di masa Orde Baru. Ada sekitar 61 film berita yang ditampilkan di pameran film kali ini.

ARKIPEL merupakan salah satu program yang dicetuskan oleh Forum Lenteng bertujuan sebagai refleksi atas fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi, dan budaya melalui sinema. Pada tahun ini untuk pertama kalinya Forum Lenteng juga mengadakan kultursinema keliling yang dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Jogjakarta, dan juga Semarang yang dilaksanakan pada bulan februari lalu.