Benda Budaya Indonesia Koleksi Eks Museum Nusantara Delft

0
223
Dirjenbud Hilmar farid (kiri) mengamati proses identifikasi koleksi eks Museum Nusantara Delft (28/12/19)

SIARAN PERS


Pengembalian Benda Budaya Indonesia Koleksi Eks Museum Nusantara Delft.

Museum Nasional adalah lembaga dibawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai fungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Pengembalian koleksi dari Museum Nusantara Delft juga terkait masalah penyelamatan sebagian benda budaya milik Indonesia yang berada diluar pengelolaan Pemerintah Republik Indonesia, seperti halnya yang dikelola oleh museum-museum lainnya Belanda. Upaya pengembalian sebagian koleksi dari Belanda ke Indonesia dalam jumlah yang cukup besar ini diharapkan mampu membuka peluang berikutnya dalam upaya pengembalian koleksi-koleksi penting milik Indonesia yang ada di negara lain khususnya Belanda.


Pada hari Rabu, 23 November 2016 lalu, PM Belanda Mark Rutte mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut PM Belanda menjelaskan bahwa koleksi eks Museum Nusantara (sekarang : Museum Prinsenhof) di kota Delft akan mengembalikan sebanyak 1.500 koleksi ke Indonesia. Sebagai bentuk simbolik dari pengembalian koleksi tersebut, maka diserahkan sebuah keris Bugis kepada Presiden Jokowi oleh PM Mark Rutte. Keris tersebut merupakan salah satu koleksi Indonesia yang ada di Museum Nusantara di kota Delft. Kemudian Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi itikad baik dari Pemerintah Belanda untuk mengembalikan 1.500 koleksi Museum Nusantara ke Indonesia.


Akhirnya setelah melalui proses yang panjang, pada Selasa 24 Desember 2019 sebanyak 1.500 koleksi yang sebagain besar merupakan benda-benda etnografi telah tiba di Museum Nasional dan saat ini sedang berlangsung proses identifikasi.

Taklimat Media dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Kamis, 2 Januari 2019
Waktu : Pukul 09.00 sampai dengan selesai

Susunan Acara :
09.00-09.30 : Registrasi
09.00-10.00 : Meninjau ruang identifikasi koleksi
10.00-11.30 : Taklimat Media

Akan Hadir :
Dirjen Kebudayaan
Kepala Museum Nasional

Dra. Huriyati, MM
Bidang Kemitraan dan Promosi
e-mail: museum.nasional@kemdikbud.go.id
Telp/Fax : 021-3447778
Twitter @MuseumNasional FB: @MUSEUM NASIONAL INDONESIA IG: @museum_nasional_indonesia
website: www.museumnasional.or.id