Anak Yatim dan Lansia Gratis Masuk Museum Nasional

0
52
Edukator foto bersama dengan komiunitas Handai Tuli, setelah kunjungan

Berkunjung ke museum bisa menjadi pilihan liburan yang dapat menambah wawasan sejarah dan budaya bukan saja untuk pelajar tapi bagi orang dewasa. Jakarta menjadi salahsatu provinsi dengan jumlah museum terbanyak yaitu 64 museum diikuti oleh Jawa Tengah 54 museum dan DI Yogyakarta dengan 44 museum.

Museum-museum tersebut terdiri dari museum yang dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan museum swasta yang dikelola secara mandiri. Museum Nasional merupakan museum yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan bersama Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Basoeki Abdullah, dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Museum Nasional menjadi pilihan museum yang harus dikunjungi karena Museum Nasional adalah kebudayaan yang menampilkan artefak budaya dari seluruh wilayah Indonesia, menggambarkan keragaman budaya bangsa Indonesia. Jika masyarakat ingin mengenal budaya bangsa Indonesia yang beragam dan luar biasa banyaknya dengan waktu yang singkat tentu pilihannya adalah mengunjungi Museum Nasional.

Untuk mendukung peningkatkan apresiasi atau kunjungan masyarakat ke museum Mendikbud Muhadjir Efendy telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Syarat dan Tata Cara Pengenaan Tarif Tiket Masuk Museum untuk Kegiatan Penelitian, Tamu Negara, Penyandang Disabilitas, Yatim Piatu, dan Lanjut Usia.

UNDUH PERMENDIKBUD NO.41 TAHUN 2018