Berminat Jadi Relawan di Museum? ikuti dulu workshopnya

0
822

Museum Nasional mengajak  generasi muda untuk ikut dalam pengelolaan kegiatan di Museum Nasional. Kegiatan ini merupakan usaha Museum Nasional dalam rangka pelibatan publik dalam pengelolaan permuseuman di Museum Nasional. Memberikan wawasan dan pengetahuan permuseuman kepada generasi  muda  yang mempunyai minat berpartisipasi dalam dunia kebudayaan dan permuseuman, sehingga tumbuh rasa memiliki terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

Museum Nasional telah membina hubungan dengan masyarakat untuk turut serta dalam pengelolaan kegiatan di Museum Nasional namun masih sebatas kegiatan Pemanduan.  Tindak lanjut dari peran serta masyarakat diatas adalah peningkatan kegiatan ke bidang-bidang permuseuman lainnya, seperti Konservasi, Preparasi, Registrasi, Dokumentasi, Pengelolaan Koleksi dan kemampuan public speaking sebagai usaha peningkatan pelayanan.

Dengan dikuasainya pengetahuan dan wawasan  tersebut anggota Sobat Museum dapat berperan langsung dalam kegiatan-kegiatan di Museum Nasional, sehingga dapat membantu Museum Nasional dalam memenuhi kekurangan SDM dalam pengelolaan kegiatannya.

Pada kegiatan pertama ini akan fokus kepada pemahaman peserta terhadap manajemen museum, etika pemanduan dan public speaking. Peserta terdiri dari Masyarakat yang berusia antara 18-40 tahun, berjumlah 150 orang, dengan latar belakang pendidikan yang yang beragam yang telah mendaftar melalui online.