YouTube akan Populerkan Dongeng dan Cerita Rakyat

0
84

Jakarta, 27 Januari 2018. Indonesia memiliki begitu banyak ragam budaya, cerita rakyat, legenda dan dongeng dan kisah-kisan kearifan lokal yang menyimpan teladan kebaikan. Menurut Youtube Dewasa ini banyak orang tua, guru dan pengajar secara aktif mencari serta menonton konten untuk anak-anak di YouTube, hal ini menjadi dasar lahirnya inisiasi untuk membawa lebih banyak lagi cerita rakyat dan dongeng Indonesia yang lekat dengan sejarah dan kebudayaan.

YouTube bersama dengan Ayo Dongeng Indonesia akan membuat konten dongeng dan cerita rakyat dari 34 provinsi untuk kembali diperkenalkan kepada generasi muda, sebagai usaha untuk melestarikan warisan kebudayaan Indonesia dengan mendigitalisasi kisah-kisah khas Indonesia melalui platform YouTube. Ayo Dongeng Indonesia adalah Komunitas yang konsen terhadap dunia dongeng termasuk dongeng tradisi Indonesia yang rutin setiap tahun menggelar Festival Dongeng Indonesia, kegiatan yang rutin diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia.

Dalam Rilis berita dari YouTube Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyetakan dukungannya terhadap usaha Youtube dalam melestarikan salah satu budaya Indonesia ini “ Direktorat Jenderal Kebudayaan menyembut baik upaya digitalisasi warisan cerita rakyat dan dongeng yang dilakukan melalui inisiatif #Dongeng Yuk dimana YouTube bekerjasama dengan Ayo Dongeng Indonesia, usaha semacam ini perlu dikembangkan lebih jauh kedepan sehingga kekayaan dongeng dan cerita rakyat dari 34 provinsi yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia dapat merasuk kedalam alam imajinasi generasi muda”, Ujarnya.

Pada acara ini hadir pula Najwa Shihab, Duta Baca Nasional, Shinto Nugroho Head of Public Policy Google Indonesia, Ario Zidni Founder Ayo Dongeng Indonesia. Di sesi terakhir dihadirkan pula 9 YouTuber yang akan ikut menggarap proses digitalisasi konten dongeng ini.

Simak  34 dongeng dan cerita rakyat yang akan segera diunggah di platform YouTube, cari melalui tagar #DongengYuk di YouTube.