Pameran Storyline Museum Nasional Baru.

0
884

Museum Nasional Indonesia yang tahun ini menginjak usia ke-238 tahun tidak pernah berhenti mengembangkan diri. Pada hari Kamis, 1 Desember 2016, Museum Nasional akan menggelar pembukaan Pameran Storyline Museum Nasional Baru. Setelah mengalami dua kali pemindahan lokasi sejak pada tahun 1811 dan 1862, serta penambahan Gedung B yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007, Museum Nasional kini melakukan revitalisasi museum yang dalam prosesnya nanti akan menutup Gedung A selama 1,5 tahun, menambah gedung baru (Gedung C) yang sedang dalam taraf pembangunan, dan memperbarui seluruh storyline atau alur kisah museum.

Museum Nasional akan tetap menjalankan perannya sebagai pusat informasi, budaya, sosial, kajian, dan inspirasi. Pengembangan Museum Nasional Indonesia yang baru ini menuju ke arah visi “Museum Kebudayaan Indonesia Bertaraf Internasional.”

Alur kisah yang baru diharapkan dapat lebih menghidupkan kisah di balik artefak, agar bisa menjadi jendela untuk memperkenalkan identitas bangsa Indonesia. Berbagai identitas yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok (identitas gender, etnis, bahasa, sosial, nasional, ras, keagamaan, dan regional) dapat menyadarkan, memberikan kebanggaan, dan menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Koleksi-koleksi Museum Nasional menjadi pesan dan sumber informasi yang menggambarkan bentuk-bentuk kebudayaan Indonesia dari zaman ke zaman, serta menggambarkan proses-proses yang menjadikan Indonesia seperti sekarang.

Pameran akan diselenggarakan pada  :

tanggal : 1-22 Desember 2016

pukul : 09:00-16.00

Pembukaan : 1 Desember 2016

Pukul : 15.00-17.00