Menyimak sejarah melalui seni teater di Museum Nasional

0
1061

akhirpekan@MuseumNasional

Museum Nasional Indonesia dan dapoerdongeng mempersembahkan Pentas Dongeng Teater Koma Bersenyawa Alam, Bertempa Peristiwa, Berakalkan Manusia.

Puas menjelajahi bandar-bandar dagang Nusantara termahsyur pada 2016 lalu, tahun ini kita bakal berkelana hingga ke pedalaman negeri: mendaki gunung api terdahsyat di dunia, mengarungi sungai yang mengalir lewati hutan rimba, dan mencicipi keragaman hayatinya! “Gemah ripah loh jinawi”, demikian julukan bagi bumi Nusantara sejak dulu. Tapi apakah kekayaan alam nan berlimpah dan dicari-cari dunia luar serta-merta menjadikan negeri kita tentram dan makmur?

Temui tiga kekuatan besar yang berperan membentuk sejarah kita di masa lalu, kini, dan yang akan datang: Alam si pembawa berkah sekaligus musibah, Peristiwa di belahan dunia lain yang selalu tak terduga-duga, serta Manusia dengan kebajikan dan keserakahannya. Yuk, arungi kembali kisah-kisah terbaru di balik koleksi tertua Museum Nasional Indonesia –dari awal kedatangan manusia ratusan ribu tahun lalu; terbentuknya kepulauan Nusantara di ujung zaman es; hingga perjuangan, pengkhianatan, keberlimpahan dan penderitaan yang mengakhiri Perang Jawa pada abad ke-19! Pentas Pertama 14 Mei 2017 Hari Minggu, Jam 10:00 | 11:00 | 12:30 WIB

Pentas Kedua 11 Juni  2017 Hari Minggu, Jam 10:00 | 11:00 | 12:30 WIB