Hari Kartini dan HUT 239 Museum Nasional

0
533
Lomba Menghias Tumpeng

Museum Nasional tahun ini genap berusia 239 tahun sebuah perjalanan panjang dari Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (Lembaga Ilmu Pengatahuan dan Kesenian di Batavia) hingga hari ini telah menjadi museum kebanggaan Indonesia, Museum Nasional.   Bekerja sama dengan Yayaan Belantara Budaya mengelar kegiatan untuk memperingati dua momen besar di bulan April  yaitu hari kartini yang jatuh pada 21 April dan hari lahir Museum Nasional di tanggal 24 April 24 April.

Raden Ajeng Kartini menyuarakan emansipasi bagi seluruh perempuan yang ada di Indonesia dan dampaknya dapat dirasakan sampai saat ini, hari ini kaum perempuan telah meraih haknya dalam akses pendidikan bahkan hampir semua profesi dapat dilakoni kaum perempuan termasuk jabatan-jabatan penting di pemerintahan, kita ketahui Indonesia pernah mempunyai presiden perempuan.

Untuk mengingat kembali semangat dan perjuangan kartini Museum Nasional mengajak masyarakat untuk menghias 239 buah tumpeng. Tumpeng bagi masyarakat Indonesia mempunyai makna spiritual dan historis, tumpeng selalu hadir di waktu-waktu khusus dan sakral, sebagaimana pentingnya kehadiran tumpeng bagi masyarakat Indonesia terutama dalam acara-acara selamatan maupun acara sakral lainnya, kaum perempuan mengambil peran penting dalam masalah ini.

Lomba mengias Tumpeng akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 April 2017, pukul 10.00 WIB di Museum Nasional, terbuka bagi masyarakat umum. Daftar Lomba Menghias Tumpeng